Thursday 21 January 2010

Seven Deadly Sins

Konon, basicnya dari semua dosa tuh berawal dari 7 dosa besar (seven deadly sins), apapun dosa yg di lakuin, ujung2nya pasti sumbernya dari tujuh hal yg memotivasi. .

Tujuh dosa itu : iri hati (envy), rakus (gluttony), tamak (greed), malas (sloth), cabul (lust), sombong (pride), marah (wrath).

1. Envy
Dari bahasa latin invidia, namanya juga iri hati, pasti ngga terima kalau orang lain lebih baik dari diri sendiri, orang lain punya yg lebih bagus dari milik sendiri, atau bahkan semua yg dia belum punya tapi yg lain punya bs jadi motivasi buat sirik2an. .Pokonya intinya : "sorrow for another's good". .Jaman dulu, hukuman untuk yg suka iri hati matanya dijahit pake kawat.


2. Gluttony
Dari bahasa latin gula, rakus di sini lebih cenderung ke makanan
Makan tuh normal, yg dosa tuh klow udah berlebihan. .
Maksudnya berlebihan tuh : makan terlalu awal (praepropere), makan terlalu mewah (laute), makan terlalu banyak (nimis), makan terlalu bernafsu (ardenter), suka pilih2 makanan (studiose), atau asal makan (forente). .
Hukumannya yg rakus? Suruh ngerasain apa itu artinya kelaparan


3. Greed
Dari bahasa latin avaritia, tamak biacara soal harta benda dan kekuasaan. .Dosa ini paling asik dinyatakan dengan : "all for myself". .
Contoh paling nyata tuh jika kalian pada tau cerita gmn pada mulanya Iblis ada, dia kan tadinya malaikat kesayangan ***** yg namanya Lucifer. .Gara2 greed nya yang udah level gede, dia jadi tamak dan pengen menjadi *****, karena itu dia berontak dan akhirnya malah diusir jadi devil.


4. Sloth
Dari bahasa latin acedia, malas tuh apa yha, hmm....Intinya, ngga ngerjain apa yg seharusnya, gagal dalam mengembangkan apa yg seharusnya bisa dikembangkan, atau paling sering terjadi : menunda pekerjaan. .
Dosa ini paling sering dianggap enteng, justru gr2 itu jg paling sering dilakuin, ati2 aja yha


5. Lust
Dari bahasa latin luxuria, ehmmm. .ehmmm. .dosa yg menjurus ke sexualitas alias birahi atau nafsu yang sangat besar .paling ngga nahan ney klow udah urusan yg kya gnian




6. Pride
Dari bahasa latin superbia, sombong adalah awal dari segala dosa. .Yg semua disebutin di atas (dari envy ampe lust), awalnya dari perasaan kalau diri kita itu paling hebat, paling penting, paling harus dibkin senang gembira dan sebagainya. .Karena kesombongan inilah manusia akhirnya merasa benar dan mulai ngelauin dosa2 lain. .
Kdng2 manusia beralasan : "saya melakukan ini untuk bertahan hidup" atau "semua ini untuk keluarga saya". .
Yg ujung2nya kalau dibalikin : "memang cuma kamu yg hidup, binatang jg harus bertahan hidup koq" atau "memang cuma kamu yg punya keluarga, pohon jeruk di kebun bokap g aje ada family nya". .
Dari pengetahuan akan dosa 'sombong' ini bisa diperdebatkan bahwa manusia tuh makin ngerasa sebagai makhluk hidup tingkat tinggi makin mungkin berbuat dosa


7. Wrath
Dari bahasa latin ira, penuh dengan kata2 menyenangkan seperti : marah (anger), benci (hatred), balas dendam (revenge), penolakan (self-denial), dan ketidaksabaran (impatience). .
Kalau pride adalah sumber, maka wrath adalah akibat. .
Ketika manusia telah berbuat dosa, efek2nya kemudian terkumulatif dan mengakibatkan sifat emosional yg tidak murni lagi, akibatnya adalah chaos dalam diri manusia itu sendiri dan munculah wrath. .Bahkan diketahui bahwa ada satu dosa yg tidak akan pernah termaafkan bagaimanapun caranya, dosa terbesar yang pernah dikenal berasal dari wrath yaitu : bunuh diri (suicide).

Credits :
N3
Valkryiez

No comments:

Post a Comment